Recent Post

Sabtu, 17 Januari 2015

TUGAS UAS "TUTORIAL TENTANG OFFICE (TUGAS KOMPUTER APLIKASI)" KELAS : R DOSEN PENGAMPUH :BAPAK SUPANGAT


Bagian 1: Mengenal MS Word


1. Pendahuluan

Microsoft  Word  (MS  Word)  merupakan  program  pengolah  kata  yang  banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.

Microsoft Word, selanjutnya disebut Word 2000 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perobahan dan perbaikan disana sini sehingga lebih fleksibel digunakan dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya. Kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program Word 2000 dan fasilitas lainnya yang akan bahas lebih lanjut, telah menghantarkan Word 2000 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.

2.   Memulai  Word 2000

Word 2000 baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah kita aktifkan. langkah-langkah memulai bekerja dengan Word 2000 sebagai berikut ;
  • Aktifkan Komputer terlebih dahulu.
  • Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar.
  • Muncul sejumlah menu, pilih Program.
  • Klik Microsoft Word.
  • Tunggu hingga tampil layar Microsoft Word yang masih kosong. (Lihat gambar 2)
  • Microsoft Word siap untuk digunakan.


















3.    Mengenal Elemen Jendela MS-Word.

Setelah Word 2000 kita aktifkan, maka akan tampil layar kosong dengan nama
Document 1, seperti berikut ;



  •  Menu Bar, berisi daftar menu yang dapat kita gunakan, dimana menu ini mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Menu File, maka sub menu-nya berisi segala hal yang berkaitan dengan file, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu ini terdiri dari Menu

File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows dan Help tapi daftar menu juga dapat kita tambahkan sesuai dengan keperluan kita. Menu ini dapat kita pilih dengan cara meng-klik nama menu atau dengan tombol Alternate (ALT)+huruf yang bergaris bawah pada menu secara bersamaan. Misal kita akan mengaktifkan menu file maka kliklah menu tersebut atau dengan menekan tombol ALT+F (tekan secara bersamaan)
  • Toolbar Standar, merupakan kumpulan icon-icon standar yang disediakan oleh Word 2000 secara otomatis. Walaupun begitu icon dari toolbar ini juga dapat kita tambah atau dikurangi sesuai keperluan. Default dari toolbar ini terdiri dari icon sbb; 
 Untuk mengetahui nama dari icon-icon tersebut dapat dilakukan dengan mengarahkan    pointer mouse pada icon yang dituju, tunggu sesaat sehinggan tampil nama dari icon tersebut. Misalnya kita arahkan pointer mouse pada icon yang bergambar printer, maka akan keluar informasi nama dari icon tersebut.  Lihat gambar


  •  Toolbar Formatting, termasuk toolbar default yang disediakan oleh Word 2000. Toolbar ini berisi kumpulan icon-icon yang berfungsi dalam pemformatan pada Word 2000.


  • Ruler, sesuai dengan namanya, bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan 
    margin (batas) dari lembar kerja. Apakah batas kiri, kanan, paragraph dll. Ruler ini dapat kita 
    atur ukurannya, apakah centimeter, inchi, millimeter, points atau pica. Untuk menentukan 
    ukuran ini dapat dilakukan dengan cara : Klik menu tool,  lalu klik Options pada kotak dialog 
    option klik general pada kotak pilihan measurement units tentukan jenis pengukuran yang 
    diinginkan, lalu klik OK.
  • Scrollbar, berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar. 
4.  Mengakhiri Word 2000

Jika Anda telah selesai bekerja dengan Word 2000, Anda dapat mengakhirinya dengan menggunakan langkah berikut ;


  1.      Simpan terlebih dahulu lembar kerja Anda.
  2.      Kemudian pilih salah satu langkah untuk mengakhiri penggunaan Word 2000 berikut ini ;
  •      Pilih dan klik File, Exit, atau
  •      Klil tombol Close (X) yang berada pada pojok kanan atas jendela Word, atau
  •      Klik ganda icon kontrol menu yang berada pada pojok kiri atas jendela, atau
  •      Tekan tombol Alt+F4
           3.Tunggu sampai jendela Word 2000 ditutup.


5.   Bekerja Dengan Word 2000

5.1  Membuat Dokumen Baru

Sewaktu  kita  mengaktifkan  program  Word  2000  otomatis  dibuka  lembar  kerja  baru dengan nama document1. Untuk merubah nama ini dapat dilakukan pada saat penyimpanan lembar kerja ini. Lalu bagaimana caranya membuka lembar kerja baru disaat Word 2000 telah aktif (mengerjakan dokumen lain) ?. Misalnya sekarang kita sedang mengetik suatu dokumen dengan nama ‘Promosi.doc’, pada saat itu   lupa belum mengetik tugas, lalu kita ingin mengerjakan tugas dahulu baru mengerjakan dokumen ‘Promosi.doc’. Bagaimana caranya untuk membuka lembar kerja yang baru ini ?. Ada dua cara , yaitu ;
  1.    Mengaktifkan Word 2000 dari menu Start (lihat sub menu memulai Word 2000    diatas).  Jika cara ini kita pilih berarti kita mengaktifkan 2 layar Word 2000 dengan nama yang berbeda. Atau dengan cara
  2.      Meng-klik  menu  File  lalu  pilih  dan  klik  New,  (atau  langsung meng-klik  icon  new dengan lambang selembar kertas, maka akan muncul layar sbb:


    pada kotak dialog New pilih tab general dan klik Blank Document lalu klik OK. 
     Pada layar ini kita jugadapat  membuka berbagai format surat, memo, web pages dan lain sebagainya. Untuk melihat masing-masingnya kita tinggal meng-klik jenis format yang diinginkan yang terletak sejajar dengan tab general.


5.2  Menggeser Insertion Point (kursor)

Insertion point sama dengan kursor, perbedaanya terletak bentuknya. Kalau insertion point berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip terdapat pada aplikasi windows sedangkan kursor adalah garis rebah (-) yang berkedip-kedip yang terdapat pada aplikasi DOS. Insertion point berfungsi sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks. Agar kita bergerak dengan cepat dalam suatu dokumen yang besar, maka kita harus tahu apa saja perintah untuk menggeser insertion poin ini.


Tombol

Fungsi
€atau 
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu karakter
atau ‚
Berpindah ke atas atau ke bawah satu baris
Ctrl+€ atau Ctrl+
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu kata
Ctrl atau Ctrl+‚
Berpindah ke atas atau kebawah satu paragraph
Home atau End
Berpindah ke awal atau ke akhir baris
Ctrl+Home atau
Ctrl+End

Berpindah ke awal atau ke akhir dokumen
PgUp atau PgDn
Berpindah ke atas atau ke bawah satu layar
Ctrl+PgUp/Ctrl+ PgDn
Berpindah ke atas atau ke bawah satu halaman

Disamping perintah diatas, kita juga dapat mengeser insertion point ini dengan menggunakan mouse, dengan cara meng-klik pada daerah yang diinginkan, tentunya hal ini hanya dapat kita lakukan pada layar yang tampak saja. Untuk mengatasi ini kita juga dapat menggunakan tombol vertical scroll bar atau horizontal scroll bar yang terdapat
pada bagian kanan dan bawah layar dengan symbol efcb.   Ingat : Tombol ini hanya berfungsi untuk menggeser layar bukan untuk memindahkan insertion point. Cara yang
paling cepat adalah dengan ;

   1.  Klik menu Edit
   2.  Pilih dan Klik Submenu Go To
   3.  Maka akan tampil jendela Find and Replace,seperti dibawah ini ;


 
   4.  Pada  kotak  pilihan  go  to  what,  kita  dapat  menentukan  jenis  pemindahan  yang diinginkan. Misalkan kita klik Line
5.  Pada Enter line number kita isikan 20, lalu klik go to
6.  Maka insertion point sekarang berada pada baris ke 20. 

5.3  Memisahkan & Menggabungkan Paragraf

    Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang mengandung makna tertentu dan tidak dapat dipisah-pisahkan. Jika mengetik dengan mesin tik, kita menekan enter untuk mengakhiri setiap  barisnya,  tetapi  tidak  begitu  halnya  dalam  Word  2000.  Pada  Word  2000, penekanan tombol enter hanya dilakukan jika kita ingin berpindah ke paragraph berikutnya. Bagaimana halnya kalau kalau kita tidak sengaja menekan tombol enter padahal belum ingin pindah ke paragraph berikutnya atau kita ingin misahkan satu paragraph menjadi dua.

  •      Memisahkan paragraph. Letakkan insertion point pada     kalimat yang akan dipisahkan, lalu tekanlah tombol enter.
  •      Menggabungkan paragraph. Menggabungkan paragraph dapat dilakukan dengan menghapus lambang enter (f) yang terdapat pada akhir suatu paragraph. Untuk memunculkan lambang ini pada layar kerja, kliklah icon tersebut yang terdapat pada toolbar standar. Perhatikan gambar berikut ;














5.3.1  Menandai Teks (blok)

   Jika kita ingin mengcopy, memindahkan, atau menghapus sekelompok kalimat maka kita sebaiknya menandai teks tersebut terlebih dahulu dengan tujuan untuk mempercepat proses. Menandai teks berarti kita mem-blok suatu teks sehingga warnanya berbeda dengan yang lain. Menandai suatu teks dapat kita lakukan dengan dua cara :

1.  Menggunakan Keyboard, tombol yang digunakan adalah ;



Tombol

Fungsi
Shift+
Menandai  satu  karakter  disebelah  kanan  insertion

point
Shift+
Menandai satu karakter disebelah kiri insertion point
Shift+
Menandai satu baris ke atas
Shift+
Menandai satu baris ke bawah
Ctrl+Shift+
Menandai satu kata disebelah kanan insertion point
Ctrl+Shift+
Menandai satu kata disebelah kiri insertion point
Ctrl+Shift+
Menandai sampai ke-awal paragraph
Ctrl+Shift+
Menandai sampai ke-akhir paragraph
Shift+End
Menandai sampai ke akhir baris
Shift+Home
Menandai sampai ke awal baris
Shift+PgUp
Menandai sampai satu layar ka-atas
Shift+PgDwn
Menandai sampai satu layar ke-bawah
Ctrl+Shift+Home
Menandai sampai ke awal dokumen
Ctrl+Shift+End
Menandai sampai ke akhir dokumen
Ctrl+A
Menandai seluruh teks yang ada pada dokumen


2.  Menggunakan Mouse


Lakukan

Fungsi, untuk memilih
Klik tahan (drag) teks yang diinginkan
Sembarang teks
Klik ganda pada kata
Satu kata
Klik pada selection bar
Satu baris
Drag pada selection bars
Beberapa baris
Tekan CTRL lalu klik kalimat yang diinginkan
Satu kalimat
Klik ganda pada selection bar atau klik 3X
pada bagian paragraph

Satu paragraph
Tekan ALT lalu drag mouse ke posisi yang dinginkan

Berbentuk kolom

Catt. Selection bar adalah bagian yang terletak di sebelah kiri margin kiri. Untuk membatalkan penandaan suatu teks, kliklah disembarang tempat.

5.3.2  Meng-copy, Menghapus & Memindahkan Teks

1.Meng-copy Teks

Untuk meng-copy suatu teks dapat dilakukan dengan cara sbb;
    » Tandailah teks yang akan dicopy
    » Klik menu Edit lalu klik Copy (atau klik icon copy)
    » Pindahkan insertion point ke lokasi pengcopian.
    » Klik menu Edit lalu klik Paste (atau klik icon paste)
Atau dengan cara ;
    » Tandailah teks yang akan dicopy
    » Tekan Ctrl+Drag teks tersebut dan geser mouse kelokasi tujuan peng-copian.
Atau dengan cara lain;
    » Tandailah teks yang akan dicopy
    » Tekan Ctrl+C
    » Bawa insertion point ke daerah tujuan
    » Tekan Ctrl+V

2.  Menghapus Teks

Menghapus teks dapat kita lakukan sbb;
     »Tandailah teks yang akan dihapus
    » Klik menu Edit lalu klik Cut (atau klik icon Cut, gambar gunting)
Atau dengan cara ;
    » Tandailah teks yang akan dihapus
    » Tekan tombol Delete

3.  Memindahkan Teks

Langkah-langkah untuk memindahkan teks ;
    » Tandailah terlebih dahulu teks yang akan dipindahkan
    »Klik menu Edit lalu klik Cut (atau klik icon Cut)
    » Pindahkan insertion point ke daerah tujuan
    »Klik menu Edit lalu klik Paste  (atau klik icon Paste)
Atau dengan cara ;
    » Tandailah terlebih dahulu teks yang akan dipindahkan
    »Drag teks tersebut dan geser mouse kelokasi yang baru
Atau dengan cara lain;
    »Tandailah terlebih dahulu teks yang akan dipindahkan
    » Tekan Ctrl+X
    »Bawa insertion point ke daerah tujuan
    » Tekan Ctrl+V

Untuk membatalkan perintah, dapat dilakukan sbb;

   »  Klik menu Edit

   » Klik Undo, Atau ; cukup  dengan  meng-klik  icon  undo 
           (gambar  panah  melengkung   ke-kiri  yang terdapat pada toolbar standard). Atau    
           dengan menekan tombol Ctrl+Z

Untuk mengulangi perintah, dapat dilakukan sbb;

   »  Klik menu Edit

   » Klik Redo,Atau ; cukup dengan meng-klik icon redo 
       (gambar panah melengkung ke-kanan yang terdapat pada toolbar standard).

5.3.3  Mencari dan Mengganti Teks

Pada suatu dokumen yang besar tentu kita akan kesulitan untuk mencari suatu kata tertentu atau mencari sambil mengganti kata/kalimat tersebut secara langsung. Anda jangan khawatir jika mengalami hal ini, karena untuk tujuan ini Word 2000 telah menyediakan dua fasilitas, yaitu ; Find dan Replace

  •     Find, digunakan untuk mencari suatu kata/kalimat tertentu berdasakan kriteria yang ditentukan. Untuk mengaktifkan fasilitas ini kita tinggal klik menu Edit lalu klik Find, maka akan keluar jendela find sbb;


 keterangan :

1.  pada option Find what diisikan kata/kalimat yang akan di cari, misal ‘aku’
2.  Pada Search Option kita dapat menentukan arah pencarian yaitu ;
    •  All, mencari dari awal hingga akhir dokumen. (defaultnya ALL)
    •  Up, mencari keawal dokumen mulai dari posisi insertion point.
    •  Down, mencari keakhir dokumen mulai dari posisi insertion point.
3.  Pada option Search:, terdapat 5 metode yaitu ;
    •  Match case, mencari kata/kalimat yang betul-betul mirip dengan kata/kalimat yang        

            dicari.
    •  Find whole words only, mencari kata/kalimat  tanpa memperhatikan huruf besar atau 

            kecil.
    •  Use wildcards, mencari kata/kalimat dengan menggunakan metode wildcards (?). 

           Misalnya kita mancari tiga digit huruf yang awal   ‘ak’ maka gunakan wildcards dengan 
           cara ‘ak?’, maka seluruh kata yang terdiri dari tiga karakter dengan huruf awalnya ‘ak’  
           akan ditemukannya. Metode pencarian ini memperhatikan huruf kecil dan besar. Maka  
           kata ‘AKU’ tidak akan ditemukan dengan metode ini, karena menggunakan huruf besar 
           sedangkan yang dicari adalah ‘ak?’ huruf kecil dengan digit ketiganya bebas.
    • Sounds like, mencari kata/kalimat yang mirip dan hampir mirip dengan kata/kalimat 

           yang dicari. Misalnya kita mencari kata ‘Aku’ maka kata ‘Ak’ juga akan ditemukannnya 
           karena hampir mirip.
    • Find   all   words   forms,   mencari   seluruh   kata/kalimat   yang   mempunyai 

           bentuk/format yang sama.
4. Setelah  menentukan  metode  pencariannya,  maka  kliklah  Find  Next     untuk
    memprosesnya.
5. Jika pencarian selesai, maka akan muncul kotak pesan sbb;



6.  Klik OK  untuk menutup kotak dialog tersebut.
  •     Replace, adalah suatu proses pencarian teks dengan cara langsung  menggantikan kata/kalimat yang dicari dengan kata/kalimat yang ditentukan. Untuk  menggunakan fasilitas, ikutilah langkah-langkah  berikut ;
    1.  Klik menu Edit, lalu Klik Replace
    2.  Maka akan tampil jendela replace sbb;
               3.  Pada option Find what kita ketikkan kata/kalimat yang dicari dan diganti. 
                    Misalnya kita     mencari kata ‘AKU’ dan ganti dengan ‘MY’, maka Ketikkan ‘AKU’ 
                    pada option ini.
               4.  Option Replace with diisi dengan kata/kalimat pengganti. Pada contoh diatas kita isi 
                    dengan ‘MY’
               5.  Klik Replace untuk mengganti satu persatu, atau klik Replace All untuk mengganti  
                    secara keseluruhan dan klik Find Next untuk mencari kata berikutnya.
               6.  Sedangkan option lainnya sama dengan yang dijelaskan pada bagian Find diatas.

5.3.4  Menyimpan Dokumen

Lembar  kerja  (document)  yang  kita  buat  dapat  disimpan  pada  harddisk  atau  disket dengan cara sebagai berikut ;
 
     1.  Pilih dan klik menu File, Save atau tekan  Ctrl+S. Jika Anda menyimpan document tersebut 
          untuk pertama kali, kotak dialod Save As akan ditampilkan seperti gambar dibawah ini ;



2. Pada tombol daftar pilihan Save in, pilih dan klik drive atau folder yang diinginkan.
3. Pada kotak isian File name, ketikkan nama file yang Anda inginkan.
4. Klik tombol perintah Save untuk memproses penyimpanannya.

Catatan ;

1. Dibawah pilihan Save in terdapat icon-icon alamat 
        yang sering digunakan untuk menyimpan data. Anda dapat langsung meng-klik  
        icon tersebut jika Anda   
        ingin menyimpan data pada icon tersebut.
2. Jika diperlukan Anda juga dapat memilih jenis dan bentuk format penyimpanan 
        file pada tombol daftar pilihan Save as type.

Disamping cara diatas, kita juga dapat menyimpan dokumen dengan langsung meng-klik icon save (gambar disket) yang terdapat pada toolbar standar.

5.3.5  Membuka Dokumen Lama

Banyak cara yang dapat kita gunakan untuk membuka kembali dokumen lama (yang pernah disimpan).

1. Menggunakan Menu File-Open
    Dilakukan dengan cara meng-klik menu File lalu pilih dan klik Open.
2. Menggunakan Icon Open 
    Dengan cara meng-klik icon open dengan gambar
3. Menggunakan Menu Documents
    
   Cara ini dilakukan dengan meng-klik tombol Start yang ada ditaskbar, pilih menu Documents, maka akan muncul sejumlah nama file yang pernah kita buka. Klik nama file yang akan kita buka tersebut.

5.3.6  Menyimpan Dokumen Dengan Nama Lain

    Lembar kerja (dokumen) yang pernah disimpan ingin kita simpan lagi dengan nama lain karena  ada  beberapa  perubahan  terhadap  dokumen  tersebut.  Untuk  menyimpan dokumen dengan nama lain dapat dilakukan dengan cara meng-klik menu File lalu pilih dan klik Save As. Kemudian ketikkan nama baru yang dinginkan, lalu klik Save untuk memproses penyimpanannya.

5.4    Pengaturan Dokumen

5.4.1  Pengaturan Halaman Dokumen (Page Set-Up)
Agar dokumen yang kita kerjakan dapat dicetak sesuai dengan yang kita inginkan, maka mutlak diperlukan pengetahuan tentang tata cara pengaturan dokumen ini. Apa saja yang dapat kita lakukan terhadap pengaturan halaman dokumen ini ?. Untuk menjawabnya, mari kita lakukan sbb;
    1. Klik menu File, lalu pilih dan klik menu Page Setup.
    2. Tunggu sampai muncul kotak dialog Page Setup seperti gambar dibawah ini;
Untuk melihat efek dari perubahan setting yang kita buat, dapat dilihat pada kotak preview.

Keterangan :

1. Tab Margin, digunakan dalam pengaturan batas halaman, headers, footers dan 
         pengaturan pencetakan model buku (cetak bolak balik).
    Untuk menaikan ukuran klik symbol      atau untuk menurunkan ukuran klik symbol    .

   Top, digunakan untuk mengatur batas atas dokumen mulai dari tepi atas kertas.
   Bottom,  digunakan  untuk  mengatur  batas  bawah  dokumen  mulai  dari  tepi bawah  
                         kertas.
   Left, digunakan dalam pengaturan batas kiri dokumen mulai dari tepi kiri kertas.
   Right, digunakan untuk pengaturan batas kanan dokumen mulai dari tepi kanan kertas.
   Gutter, digunakan untuk memberikan jarak tertentu dari tepi kiri kertas atau 
                     tepi atas kertas dengan tujuan untuk memberikan lokasi kosong untuk penjilidan.
    Pengaturan posisi dari gutter ini kita tentukan pada bagian pilihan Gutter posistion yang menyediakan dua alternatif posisi, yaitu posisi kiri (left) atau atas (top)
    Header, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kepala (header) mulai dari tepi atas kertas.
    Footer, digunakan untuk pengaturan posisi dari catatan kaki (footer) mulai dari tepi bawah kertas.

NB : Header dan footer ini akan otomatis tampil pada setiap halaman dokumen. Seperti pada buku ini yang jadi header adalah kata ‘Microsoft Word’’ dan garis tebal dibawahnya, sedangkan yang jadi footer adalah tulisan ‘Labor Komputer Program Ekstensi FEUA’ dan nomor halaman dengan garis tebal diatasnya.
   
     Mirror Margin, pengaturan batas halaman secara timbal balik sehingga dapat dicetak secara timbal balik. Biasanya digunakan jika kita ingin mencetak dokumen secara timbal balik dengan  hasil seperti buku cetak.
   
      Jika pilihan ini kita aktifkan, maka pada tab margin akan ada perubahan pilihan seperti berikut ;
 Perubahan terjadi pada option left dan right dimana kedua option ini diganti dengan nama Inside dan Outside.
    Inside,  digunakan untuk pengaturan batas dokumen yang bagian dalam.
    Outside, digunakan untuk pengaturan batas dokumen bagian luar.
    2 pages  per  sheet,  artinya  option  ini  digunakan  jika  kita  ingin  mengatur dokumen agar    
    dicetak dua halaman dalam satu kertas.

   2. Tab  Paper  Size,  digunakan  dalam  pengaturan  ukuran  kertas  dan  orientasi pencetakan  
        dokumen.
Paper size, digunakan untuk mengatur ukuran kertas yang digunakan. Jika kita klik simbol ini, maka akan muncul sejumlah ukuran kertas yang disediakan oleh Word 2000. Kita tinggal pilih jenisnya. Jika ukuran kertas yang kita gunakan tidak ada yang cocok dengan yang disediakan oleh Word 2000, maka pilihlah option Custom Size.
   Width, digunakan untuk pengaturan ukuran lebar kertas jika kita memilih option custom size.
   Height, sama halnya dengan width, tapi option ini digunakan untuk pengaturan tinggi kertas yang kita miliki.
   Tab Orientation, digunakan untuk menetukan arah percetakan halaman. Arah pengaturan halaman dokumen ini terbagi dua,  yaitu ;

>> Portrait, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah tegak
     (vertikal), sedangkan
>> Landscape, adalah metode pengaturan halaman dokumen dengan arah melebar (horizontal)
     Apply to, digunakan untuk menentukan data jenis pengaturan. Pada option ini terdapat 

beberapa option lagi sebagai berikut ;

>> Whole  document,  artinya  pengaturan  margin  berlaku  untuk  seluruh dokumen.
>> This  point  forward,  artinya  pengaturan  dokumen  ini  berlaku 
      mulai  dari halaman yang aktif  (yaitu pada posisi insertion point) sampai halaman terakhir.
>> This section, artinya pengaturan margin hanya berlaku pada halaman yang aktif saja.
>> Selected text, pengaturan hanya berfungsi pada teks yang ditandai saja.
 
* Default,  digunakan  untuk  merubahan  pengaturan  setting  yang  dibuat  tadi  ke bentuk default dari Word 2000.
 
3.  Untuk tab Paper Source dan Layout coba anda pelajari sendiri.


5.4.2  Pengaturan Huruf (Font )

Untuk menambah daya tarik dari suatu dokumen, pengaturan huruf sangat diperlukan. Untuk pengaturan huruf ini kita dapat menggunakan dua cara, yaitu ;

1.Menggunakan toolbar
   Dengan metode kita hanya dapat melakukan pengaturan terhadap jenis huruf dan ukuran yang 
   digunakan. Caranya ;
    *Tandai terlebih dahulu teks yang ingin kita robah.
    *Klik item font yang terdapat pada toolbar standar, sehingga muncul daftar huruf yang 
   disediakan oleh Word 2000. Kliklah huruf  pilihan Anda.

   Untuk merubah ukuran huruf, kliklah item font size yang disebelah item font lalu kliklah ukuran    
   huruf yang diinginkan.

2.Menggunakan menu
    Jika kita gunakan metode ini, kita dapat menggunakan beberapa efek yang menarik. Caranya ;
    *Tandai terlebih dahulu teks yang ingin kita robah.
    *Klik menu Format, lalu pilih dan klik sub menu Font, sehingga muncul kotak dialog font sbb;

 Untuk melihat efek dari perubahan setting yang kita buat, dapat dilihat pada kotak preview.
Keterangan :

1.Tab Font, digunakan untuk pengaturan jenis huruf, model garis bawah dan efek dari huruf dll.  
   Pada tab ini terdapat pilihan sebagai berikut ;
         *Font, digunakan untuk memilih jenis huruf yang telah diinstal pada Word 200.
         *Font Style, digunakan untuk pengatur model   huruf, apakah cetak tebal (bold), miring  
           (italic), gabungan tebal dengan miring atau model reguler (standar)   
         *Size, digunakan untuk menentukan ukuran huruf yang telah dipilih.
         *Font Color, digunakan untuk menentukan jenis warna dari huruf yang dipilih.
         *Underline Style, digunakan untuk menentukan jenis garis bawah yang diinginkan. 
Untuk memilih jenis garis bawah, klik-lah tab ini lalu pilih dan klik jenis garis bawah yang diinginkan.
    *Underline Color, digunakan untuk menentukan warna dari garis bawah yang dipilih.
    *Effects, digunakan jika kita ingin memberikan efek khusus terhadap teks.
Pada option terdapat beberapa pilihan sbb;
    * Strikethrough, memberikan tulisan dengan diberi garis ditengah tesk tersebut. Contoh “ Efek  
       Strikethrough  “
    * Double Strikethrough, sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua. Contoh “ Efek Double Strikethrough “
    * Superscript,  akan  memberikan  efek,  teks  akan  naik  ½  tinggi  huruf.
       Biasanya digunakan untuk membuat perpangkatan,  seperti “ 42 “
     *Subscript,  akan  memberikan  efek,  teks  akan  turun  ½  tinggi  huruf.
       Biasanya digunakan dalam penulisan kata-kata ilmiah, seperti “ H2O “
    * Shadow, digunakan untuk memberikan efek bayangan terhadap teks yang dipilih. Contoh 
        “Efek dari Shadow”
    * Outline, efek dari option ini adalah teks yang dipilih akan ditampilkan hanya kerangkanya 
       saja. 
Contoh :                       “                     “
    * Emboss,  akan  memberikan  efek  teks  tampak  seperti  menonjol  dari yang lain. Contoh “ Efek Emboss “
    * Engrave, kebalikan dari emboss, jenis ini memberikan efek seperti efek ukiran. Contoh 
       “Efek  En grave“
    * Small  Caps,  memberikan     efek  huruf  dicetak  secara  kapital  tapi ukurannya berbeda 
       dengan huruf yang awalnya ditulis besar dengan yang ditulis kecil.  Contoh tulisan “Efek 
       Small Caps” diberi efek small caps menjadi “ EFEK SMALL CAPS ”
    * All Caps,akan memberikan efek semua tulisan yang mulanya kita ketik dengan huruf besar 
       dan kecil akan dirubah menjadi huruf besar semua. Contoh tulisan “efek all   caps” diberi efek  
       all caps berubah menjadi “ EFEK ALL CAPS “
    * Hidden, efek dari pilihan ini akan mengakibatkan teks yang pilih tidak akan nampak dilayar 
       padahal tersebut ada. Contoh tulisan   “ Efek Hidden” setelah diberikan efek hidden akan 
       menjadi “     “. Nah loh, hilangkan !. Padahal teks tersebut ada diantara tanda kutip diatas

Catatan :
    Untuk  mengembalikan  teks  yang  salah  dalam  pemberian  efek  cukup dengan menghilangkan tanda ceklis pada pilihan efek yang dipilih.
    Satu teks dapat diberi lebih dari satu efek. Contoh “ Rumus Kimia untuk
    air adalah H22O “.

2.Untuk Tab Character Spacing dan tab Text Effect coba Anda pelajari sendiri.

5.4.3  Pengaturan Teks

Pada materi ini kita akan mempelajari tentang bagaimana membuat teks cetak tebal, cetak miring, bergaris bawah,  rata kiri, rata tengah, rata kanan dan rata kiri kanan. Untuk lebih jelasnya, ikuti pembahasan dibawah ini.

Cara pengaturan teks ;
1. Tandai terlebih dahulu teks yang akan di olah.
2. Kemudian klik icon tentang pengaturan teks ini yang terdapat pada toolbar formatting.
Lihat gambar ;
Lihat efek dibawah ini ;

3 komentar: