Cara mendeteksi kerusakan silinder kop – Bagi para
pengguna kendaraan bermotor tentunya pernah mendengar rintihan dari
mesin saat mesin mendapat beban yang berat. seperti pada saat melintasi
jalan yang menanjak. Rintihan mesin terdengar seperti suara “Jangkrik”
atau nglitik dan bila tidak mendapatkan beban yang terlalu berat suara
itu akan hilang atau kembali seperti normal. Hal-hal seperti itu bisa
disebabkan karena ruang bakar pada mesin kendaraan anda sudah penuh
dengan kotoran dari sisa pembakaran yang berubah menjadi kerak yang
membandel.
Kali ini saya akan memberikan Ulasan tentang bagaimana Cara mendeteksi kerusakan silinder kop dan Solusi Penanganannya.
silinder kop
Silinder kop yang penuh dengan kotoran dari sisa pembakaran
Banyak penyebab yang membuat kerak cepat menempel pada ruang bakar,
seperti filter udara tidak ada sehingga debu dan kotoran dengan mudah
dapat menelusup masuk pada ruang bakar kendaraan anda. Nah saran saya
jangan membuka filter udara. Bisa juga dari bahan bakar yang mengandung
timbal. agar tetep bersih kita bisa menggunakan pertamax karena
kandungan timbal dalam bahan bakar pertamax lebih sedikit daripada
premium tapi harganya memang lebih mahal. Suara nglitik berasal dari
kerak yang terbakar. sehingga pada saat piston
menyerap campuran udara dan bahan bakar. dan kemudian berlanjut pada
langkah kompresi, seharusnya busi (spark plug) yang memercikkan api,
tapi karena kerak sudah menjadi bara karena suhu yang tinggi bahan bakar
dan campuran udara terbakar sebelum busi memercikkan api yang
dikarenakan kerak tersebut.
Maka sebaiknya bersihkanlah ruang bakar kendaraan anda supaya
jangkrik yang bersemayam dalam mesin kendaraan hilang. nglitik atau
Detonasi juga disebabkan karena pengapian terlalu maju sebelum piston
berada pada posisi TMA (Titik Mati Atas) jadi sebelum piston sampai TMA
api dari busi (Spark Plug) sudah memercikan api.
TMA dan TMB
Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB)
Kerak-kerak yang menempel pada ruang bakar juga dapat membuat linier
pada Buring (Rumah piston) tergesek dan menjadi aus. bila terjadi aus
maka pelumas dari ruang karter akan naik ke ruang bakar dan
mengakibatkan asap putih keluar dari knalpot.
bila keadaan kendaraan bermotor anda sudah sedemikian rupa segeralah
anda melakukan servis sebelum terjadi kerusakan-kerusakan lain yang
lebih parah.
Demikian ulasan mengenai cara mendeteksi kerusakan silinder kop, Semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar