Recent Post

Minggu, 16 Juni 2013

Cara mendeteksi kerusakan silinder kop

Cara mendeteksi kerusakan silinder kop – Bagi para pengguna kendaraan bermotor tentunya pernah mendengar rintihan dari mesin saat mesin mendapat beban yang berat. seperti pada saat melintasi jalan yang menanjak. Rintihan mesin terdengar seperti suara “Jangkrik” atau nglitik dan bila tidak mendapatkan beban yang terlalu berat suara itu akan hilang atau kembali seperti normal. Hal-hal seperti itu bisa disebabkan karena ruang bakar pada mesin kendaraan anda sudah penuh dengan kotoran dari sisa pembakaran yang berubah menjadi kerak yang membandel.
Kali ini saya akan memberikan Ulasan tentang bagaimana Cara mendeteksi kerusakan silinder kop dan Solusi Penanganannya.

silinder kop
Silinder kop yang penuh dengan kotoran dari sisa pembakaran
Banyak penyebab yang membuat kerak cepat menempel pada ruang bakar, seperti filter udara tidak ada sehingga debu dan kotoran dengan mudah dapat menelusup masuk pada ruang bakar kendaraan anda. Nah saran saya jangan membuka filter udara. Bisa juga dari bahan bakar yang mengandung timbal. agar tetep bersih kita bisa menggunakan pertamax karena kandungan timbal dalam bahan bakar pertamax lebih sedikit daripada premium tapi harganya memang lebih mahal. Suara nglitik berasal dari kerak yang terbakar. sehingga pada saat piston menyerap campuran udara dan bahan bakar. dan kemudian berlanjut pada langkah kompresi, seharusnya busi (spark plug) yang memercikkan api, tapi karena kerak sudah menjadi bara karena suhu yang tinggi bahan bakar dan campuran udara terbakar sebelum busi memercikkan api yang dikarenakan kerak tersebut.
Maka sebaiknya bersihkanlah ruang bakar kendaraan anda supaya jangkrik yang bersemayam dalam mesin kendaraan hilang. nglitik atau Detonasi juga disebabkan karena pengapian terlalu maju sebelum piston berada pada posisi TMA (Titik Mati Atas) jadi sebelum piston sampai TMA api dari busi (Spark Plug) sudah memercikan api.


TMA dan TMB
Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB)
Kerak-kerak yang menempel pada ruang bakar juga dapat membuat linier pada Buring (Rumah piston) tergesek dan menjadi aus. bila terjadi aus maka pelumas dari ruang karter akan naik ke ruang bakar dan mengakibatkan asap putih keluar dari knalpot.
bila keadaan kendaraan bermotor anda sudah sedemikian rupa segeralah anda melakukan servis sebelum terjadi kerusakan-kerusakan lain yang lebih parah.
Demikian ulasan mengenai cara mendeteksi kerusakan silinder kop, Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar