Recent Post

Sabtu, 07 September 2013

Pengertian Agama Hindu

Hindu (bahasa Sansekerta: Dharma Sanātana (abadi), juga dikenal sebagai Dharma Vaidika (Veda)) adalah satu agama atau filsafat yang berasal dari subbenua India dan wilayah sekitarnya yang dekat. Agama ini adalah agama tertua yang diketahui di dunia, dan yang tidak memiliki pendiri, kitab, atau kota suci yang utama .. Kitab pertama agama ini adalah Veda dan dengan bertahan waktu, banyak kitab yang lain juga termuncul.

Istilah Hindu mencakup berbagai aliran pikiran dan aliran, serta upacara-upacara amal yang amat berbeda. Banyak penganut Hindu yang dipengaruhi oleh filsafat Advaita bersembahyang kepada berbagai dewa, dan menganggap dewa-dewi ini sebagai penjelmaan-penjelmaan untuk satu Roh Kosmo monistik yang agung (Brahman), sedangkan banyak penganut yang lain berfokus pada satu konsep mufrad untuk Brahman (Tuhan ), misalnya Vaishnavisme, Saivisme dan Syaktisme.

Hindu adalah agama yang ketiga terbesar di dunia, dengan lebih kurang 900 juta penganut (angka 2005). Kira-kira 890 juta dari jumlah itu tinggal di India 

Dalam Bahasa Persia, kata Hindu berakar dari kata Sindhu (Bahasa Sanskerta). Dalam Reg Weda, bangsa Arya menyebut wilayah mereka sebagai Sapta Sindhu (wilayah dengan tujuh sungai di barat daya benua India, yang salah satu sungai tersebut bernama sungai Indus). Hal ini mendekati dengan kata Hapta-Hendu yang terkandung dalam Zend Avesta (Vendidad: Fargard 1.18) - sastra suci dari kaum Zoroaster di Iran. Pada awalnya kata Hindu merujuk pada masyarakat yang hidup di wilayah sungai Sindhu. Hindu sendiri sebenarnya baru terbentuk setelah Masehi ketika beberapa kitab dari Weda digenapi oleh para brahmana. Pada zaman munculnya agama Buddha, agama Hindu sama sekali belum muncul semuanya masih mengenal sebagai ajaran Weda. 

Kebanyakan penduduk Bali menerapkan sejenis agama Hindu yang disebut, Agama Hindu atau Hindu Dharma. Agama Hindu di Bali merupakan gabungan unsur-unsur Hindu dan Buddha yang dipadukan dengan kepercayaan asli orang Bali.

Agama Hindu dan Buddha tiba di Bali melalui Pulau Jawa dan juga secara langsung dari negeri India di antara abad ke-8 dan ke-16. Unsur kedua agama tersebut berkembang dan bergabung di Bali. Penggolongan masyarakat ke empat kasta yang dianut masyarakat India juga diterapkan di dalam masyarakat Bali. Masyarakat Bali dibagi menjadi empat kasta: Brahmana, Satriya, Wesya dan Sudra.

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/religion-studies/2296036-pengertian-agama-hindu/##ixzz2eE4F61qL

0 komentar:

Posting Komentar